Masalah update Avira AntiVir Personal-Free Antivirus




Avira AntiVir Personal – Free Antivirus atau free Avira adalah salah satu produk gratis. Aplikasi ini hanya untuk penggunaan pribadi. Seperti kebanyakan perangkat lunak antivirus, ia berguna untuk memindai (scanning) virus dan juga dijalankan sebagai proses Background, memeriksa setiap file yang dibuka dan ditutup. Hal ini dapat mendeteksi dan menghapus kemungkinan rootkits. Ia juga dapat melakukan Update secara otomatis lewat Internet setiap hari. ( Avira Wikipedia )

Avira AntiVir Personal – Free Antivirus 9

Mungkin timbul pertanyaan mengapa saya mengambil judul sub-title ini Avira Antivir Personal – Free Antivirus versi 9 bukan versi 10 atau free Avira yang lain, karena saya sudah lama memakai versi 9 dan tidak pernah ada masalah ( sampai  saat ini dan tidak pernah terlambat update ) sehingga masih mampu mengenali dan menghapus virus-virus seperti Virut, Sality, Ramnit,varian Trojan dan sebagainya.

Manual  Avira – Cara Install Avira

Siapkan dahulu cpu atau komputer anda dengan download dan meng-install Software Free Avira Antivir Personal versi 9. Selesai instalasi Software Free Avira Antivir Personal versi 9 biasanya tanggal default-nya di sidebar akan tertera 1/7/2010 dan icon-nya berwarna merah. Hal tersebut menunjukkan bahwa definisi update virus telah expired atau kadaluwarsa. Untuk mengatasi dibutuhkan update-pembaharuan pada definisi virus-nya supaya Avira mampu mengenali virus-virus terbaru yang beredar di-Internet . Caranya ‘Start Update’ ( lewat Internet ). Berdasarkan pengalaman, untuk update definisi virus mulai tanggal 1/7/2010 hingga Pebruari 2011 saja bisa butuh waktu berjam-jam untuk download ( dengan koneksi Internet pas-pas an ),sebab file-nya berukuran diatas 50Mb. Syukur kalo koneksi Internet anda semacam Broadband atau yang lebih cepat. Selesai instalasi Avira, anda bisa menonaktifkan Daily Update pada menu sidebar kiri Administrator-klik Scheduler-buang cawang di depan Daily Update. Ini untuk menghindari jika kita saat mulai terhubung ke Internet, Avira langsung melakukan update otomatis di background sistem Windows.

Cara Mengaktifkan License Key Avira Antivir di Komputer Lain

Dan bagaimana jika anda mempunyai lebih dari satu komputer, apa harus diberlakukan cara yang sama,…makan waktu man! Saya punya trik yang lebih efektif untuk mengatasi itu ( kita buat sendiri file definisi virus? How do? ). Yang jelas bukan bikin sendiri kayak-nya, kita hanya membuat archive definisi virus dari Avira Antivir yang sudah ter-install di komputer lain serta sudah di update definisi virus-nya dengan yang terbaru.
Isu :
Jika Avira Antivir telah di-install pertama kali-nya dan langsung di-update definisi virus-nya lewat Internet, maka kita akan langsung memperoleh license key yang secara langsung ter-integrasi dalam Registry Windows pada komputer tersebut
Berdasarkan ketentuan tersebut tidaklah mungkin kita mendapat License Key file Avira jika kita akan memindah-mencopy virus definisi komputer yang satu ke komputer lain ataupun download langsung file virus definition Avira. Silahkan kalo mau maksa…pasti akan keluar kalimat yang kalo di Bahasa Indonesia-kan berbunyi “Lisensi tidak diakui”, “Lisensi tidak valid”,”Tidak ada lisensinya”…atau semacamnya lah!
Sudah paham tentang karakter update definisi virus-nya? Kalo belum langsung saja deh…Buka Windows Explorer,  buka drive komputer C:\Program Files\ Avira\AntiVir Desktop\FAILSAFE , copy semua folder dengan Ctrl+A pada new folder (buat folder dulu, terserah dinamai apa), kemudian dalam new folder tersebut Ctrl+A lagi trus klik kanan Add to archive ( kalo pakai Winrar ) ,beri Archive name dan pilih ‘Archive format berbentuk ZIP file,terus klik OK. Setelah jadi, rename filenya sesuai name default definisi Avira , bisa  ivdf_fusebundle_nt_en atau vdf_fusebundle, jadi deh! dan Siap digunakan pada komputer lain. Tapi sebelum anda meng-update vdf  ke komputer lain silahkan download dahulu license key file Avira Antivir di situs resmi-nya . Jadi, sekarang kita mempunyai 2 (dua) file penting, file update vdf  itu dan lisensi key ( hbedv.key ).
Kemudian copykan lewat flashdisk 2 file tersebut ke komputer lain ( harus sudah ter-install Avira dan buatkan folder tersendiri jika perlu ( nantinya langsung di-eksekusi via flasdisk juga bisa kok ). Buka C:\Program Files\Avira\AntiVir Desktop cari file bernama licmgr.exe. Aktifkan dengan klik 2x dan akan ter-eksekusi di background system, terus gunakan tombol Keyboard F5 untuk Refresh. Kalau anda teliti sekarang file hbedv.key yang anda copykan tadi icon-nya berubah bergambar payung dan didepan-nya ada kunci
Gambar Icon License Key Avira
…yuup jika sudah seperti itu klik 2x file tersebut dan akan muncul lisensi key manager Avira , klik OK. Untuk melihat hasilnya, buka Avira dan lihat di sidebar kanan bawah, icon Avira Antivir Personal – Free Antivirus sudah berwarna hijau dan bertanggal 1/9/2011.
Nah….selesai mengaktifkan lisensi key kita tinggal update  manual definisi virusnya dengan cara klik pada menu ‘Update’ pada Toolbar diatas dan pilih ‘Manual Update’ cari di drive-folder mana anda menyimpan file update definisi-nya ( perhatikan nama file dan file type,sesuaikan atau rename dahulu jika file berbeda dari file yang diminta ) kalo sudah sesuai langsung saja klik ok dan tunggulah beberapa saat Avira akan melakukan ‘service update’. Hasil dari semua langkah-langkah update bisa dilihat icon ‘Last update’ harus berwarna hijau dan ber-tanggal saat ini ( sesuai dari file atau sumber update ).Warna icon jadi kuning kalo 2 sampai beberapa hari terlambat update dan merah kalo lama  tidak di-update. Sebagai anjuran untuk update definisi virus  ( pada komputer atau salah satu komputer saja ) sebaiknya jangan terlalu lama ( sebaiknya 2-3 hari sekali ), karena semakin lama semakin besar kapasitas file yang harus di download.
Selanjutnya anda bisa menggunakan cara tersebut untuk komputer-komputer yang lain, dengan lisensi key dan file update yang sama.

Cara Menggunakan Avira AntiVir Personal – Free Antivirus 9

  1. Jika saat memasukkan Flash Disk/UFD/saat membuka-buka file folder muncul Warning/pemberitahuan adanya virus dari Avira…Pilih aja opsi – “ Delete “ trus klik ok, jangan memilih opsi yang lain!
  2. Jika ingin melakukan scan pada drive, pilih menu Local protection –Scanner-Manual Selection, kemudian pilih drive yang diinginkan. Tunggu sampai selesai dan biasanya jika ada virus terdeteksi, speaker komputer berbunyi tit tit…( spertinya di versi sepuluh bisa diganti suara lain ). Jika saat proses scan berjalan tiba-tiba muncul virus, pilih Delete-terus OK .Kalo scan sudah selesai akan muncul laporan adanya virus, klik Repair All saja. Tunggu sampai proses selesai.
  3. Virus-virus yang mampu di deteksi dan karantina biasanya berada pada Administration-Quarantine, pilh semua atau Ctrl+A lalu Delete selected object(s) from quaratine.

Free Avira – Kesimpulan Pemakaian Avira

Avira AntiVir Personal – Free Antivirus merupakan salah satu Software Antivirus yang bukan tidak punya kelemahan, berdasarkan pengalaman saya kebanyakan file crack-patch-serial number beberapa software ( bajakan kali…hehehe) mengandung virus dan oleh Avira di-eksekusi secara delete dan tidak diperbaiki ( apa juga karena free-gratis itu? Dan bukan Premium ). Apapun itu, sepertinya lebih baik virus di delete daripada melihara virus di komputer kita. ( karena saya kurang begitu paham enskripsi sebuah virus bekerja ).
Memang tidak ada antivirus terbaik atau terburuk di dunia komputer dan internet, meskipun software antivirus kita kapasitasnya kecil dan gratisan tapi kita rajin update,pasti akan bekerja maksimal. Dan sebaliknya jika antivirus kita berbayar dan berlisensi tapi definisi virus-nya tidak pernah di-update…saat ada virus masuk, anda harus siap kehilangan data dan selamat install ulang OS Windows-nya!
Sebagai rekomendasi sebaiknya Avira Antivir Personal versi 9 ini anda temani sama anti virus lokal SMADAV , karena beberapa kali scanning manual pada tiap drive di kompi SMADAV mendeteksi beberapa virus seperti virus Huer, virus Wormshortcut , dan beberapa virus aneh lain, dimana Avira 9 kayaknya belum mampu mendeteksi virus-virus ini.. Selama ini saya belum menemui masalah apabila keduanya dikawinkan dalam satu komputer.

0 Response to "Masalah update Avira AntiVir Personal-Free Antivirus"

Poskan Komentar

Select Profil Anonymous Jika Anda Tak Mempunyai ID..
Terimakasih..^_^